Langsung ke konten utama

#PINTERNET : Penjelasan Berbagai Hal pada Internet

Setelah beberapa waktu lalu menjelaskan mengenai internet dan juga beberapa hal yang berkaitan erat dengan internet. Maka, saat ini saya akan bahas mengenai berbagai hal pada internet, ada 7 hal yang akan saya jelaskan pada bagian ini.

1. WWW ( World Wide Web )

Apakah www itu? yap, www atau lebih dikenal dengan web ini adalah suatu sistem pengakses informasi dalam internet yang paling terkenal. Nama ini juga diberikan untuk semua bagian internet yang dapat diakses dengan software web browser dan web ini biasanya dihubung-hubungkan dengan link. Software web browser tersebut diantaranya seperti Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome, Opera dan berbagai jenis lainnya yang juga mampu mendukung berjalannya internet. Pada tahun 1990 www diluncurka di CERN, Labolatorium Fisika Partikel Eropa, Jenewa, Swis. Pada awalnya web ini bertujuan untuk menciptakan media yang memudahkan para wbe untuk saling bertukar informasi. Untuk membuat suatu web browser dibutuhkan beberapa unsur agar situs dapat berjalan dengan baik, diantaranya adalah :

>>> Domain Name
Setiap pembuatan web browser harus memiliki domain. Domain adalah suatu alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. istilah yng digunakan atau lebih dikenal dengan kata URL. Ada dua jenis domain yang sering digunakan dan memang telah tersedia di internet yaitu Generic Domain dan Country-Specific Domain.

>>> Hosting 
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat pada harddisk tempat menyimpan beerbagai data, gambar, file-file dan yang lain sebagainya yang akan ditampilkan pada situs. Besarnya data yang dapat dimasukkan tergantung dari besarnya kapasitas histing yang disewa/dimiliki, besarnya kapasitas hosting harus dilihat dari besarnya ruangan harddisk yang digunakan MB (Mega Byte) ataupun GB (Giga Byte). penyewaan hosting biasanya dihitung dalam hitungan per tahun, sedangkan perusahan penyewaan web hosting dapat dijumpai di Indonesia maupun di luar Indonesia.

>>> Scripts/Bahasa Program
Scripts merupakan suatu  yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan. Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual scripts yang biasanya berada di luar negri. Scripts ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

>>> Design Web
Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya.

>>> Publikasi
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb). Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google.

2. E-mail

E-mail merupakan singkatan dari Elektronik Mail, e-mail ini merupakan surat yang dituliskan secara digital dan dikirimkan melalui jaringan komputer yang tidak memerlukan lagi prangko dan juga kantor pos. E-mail memiliki jaringan yang lebih luas dan juga tidak terbatas oleh waktu, e-mail pun tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimkan dan menerima surat. Namun, untuk dapat mengirimkan surat melalui media e-mail harus membuat alamat e-mail, untuk membuatnya kita dapat memilih alamat pada penyedia layanan e-mail yang telah disediakan secara gratis, seperti www.yahoo.com, www.gmail.com, www.telkom.net ataupun www.plasa.com. Setelah memiliki account barulah kita dapat saling berkiriman surat melalui jaringan internet yang biasa alamat e-mail memiliki tanda '@' sebagai tanda pemisah antara Username dan Hostname. Contoh, nurendah13ramadhan@gmail.com, Username = nurendah13raadhan dan Hostname = gmail.

3. Search Engine

Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet. Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dan masih bayak lagi. Berbeda dengan web directory yang meng-index halaman website di internet secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk. Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara manual (menggunakan editor manusia), jumlah database yang dimiliki bisasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Cara kerjanya adalah dengan cara menyimpan database yang ada di internet untuk kemudian ditampilkan sesuai dengan kecocokan kata kunci yang diketikkan pada search engine dengan database yang ada. Biasanya akan ada banyak sekali data yang dimunculkan, dan untuk data yang berada di urutan peisrtama relatif merupakan hasil yang paling akurat. Ada banyak sekali mesin pencari populer yang digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia, diantaranya yaitu Google.com, Yahoo.com, bing.com, MSN, AOL.com, Ask.com, dll.

4. Browser

Istilah browser sangat erat kaitannya dengan internet, dan memiliki pengertian suatu program yang dibuat untuk menguraikan serta menampilkan teks, gambar, dan menyediakan interaksi kita dengan internet. Banyak para ahli yang mengungkapkan pendapatnya mengenai breowser seperti berikut :

>>> Ali Zaki, program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer dengan jaringan internet.

>>> Lia Kuswayanto,  perangkat lunak yang digunakan untuk membuka website dengan cara menuliskan alamat situs yang akan dituju pada kota address.

>>> Smitdev Community, lawan kata dari server yang bertugas untuk menampilkan halaman website.

>>> Gustav Pahala Frans, aplikasi atau program yang digunakan untuk mengoprasikan internet, sebagai media surfing, browsing dan menjelajahi dunia maya. 

>>> Rachmad Hakim, aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet.

Dapat disimpulkan bahwa browser merupakan program yang dibuat sedemikian rupa sebagai media untuk berselancar atau menjelajahi internet dengan memasukan alamat situs yang kita jelajahi.

5. Chatting

Chatting merupakan suatu kegiatan melakukan percakaan melalui jaringan internet yang biasanya didukung dengan aplikasi-aplikasi yang memiliki fasilitas chatting, seperti facebook, yahoo messager, AOL dan aplikasi lainnya yang juga memfasilitasi kegiatan chatting. IRC adalah fasilitas di internet yang memungkinakan pemakai melakkukan percakapan dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif dengan cara mengetik pada keyboard. IRC ini ditujukan untuk melakukan komunikasi dalam bentuk individual dan group untuk mendukung forum diskusi. IRC menggunakan protokol TCP atau disebut Transmission Control Protocol. Secara operational IRC menggunakan SSL atau secure Socket Layer. SSL adalah protokol yang dirancang untuk menjamin keamanan dalam berkomunikasi untuk mencegah penadapan oleh orang lain. SSL ini tidak hanya diterapkan untuk chatting tetapi juga diterapkan untuk WWW dan e-mail. Komunikasi dengan menggunakan IRC disebut chatting. Komunikasi seperti ini sangat bermanfaat, terutama bila kita ingin bercakap-cakap secara langsung dengan orang lain yang lokasinya sangat jauh, tetapi tidak memungkinkan atau terlalu mahal untuk berkomunikasi menggunakan telepon. Tetapi saat ini sudah banyak layanan IRC yang dapat digunakan di MAC seperti yahoo messenger & Skype. Tidak hanya berkomunikasi melalu tulisan, saat ini program IRC telah didukung dengan fasilitas voice dan video call dimana komunikasi dapat dilakukan dengan suara dan bertatap muka melalui fasilitas web cam yang telah tersedia sesuai dengan fasilitas komputer klien masing-masing.

6. Netiquette

Netiquette adalah suatu etika yang digunakan dalam penggunaan internet, sepertihalnya berinteraksi di dunia nyata, iternetpun memiliki etika-etikanya tersediri dalam penggunaannya. Netiquette ini berasal dari dua suku kata yaitu 'jaringan' dan 'etik'. Netiquette berfungsi sebagai pedoman para peselancar di dunia maya agar tetap memiliki tata aturan dan saing menghargai sesama peselancar. Netiquette dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Masyarakat mungkin telah banyak tahu mengenai aturan-aturan yang dibuat di internet ini, maka telah ada berbagai pro dan kontra mengenai aturan ini. baru para pro dengan aturan netiquette tetap mengikuti setiap alur yang dibuat oleh internet ini. Sedangkan yang kontra telah membuat penentangan terhadap berbagai aturan yang dibuat netiquette, bhkan telah sampai pada tahap bahwa mereka membuat pesan khusus yang sengaja ditujukan untuk aturan tersebut dengan perasaan yang marah. berikut aturan utama Netiquette :
>>> Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
>>> Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata Anda saat online.
>>> Ingatlah di mana Anda berada ketika Anda sedang online.
>>> Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.

7. Komunitas-komunitas Online

Ada bannyak komunitas online di inonesia ini, Komunitas ini menjaring benyak pengguna internet untuk bergabung bersama komunitas tersebut. Kebiasaan orang Indonesia yang mudah untuk bersosialisasi dan gampang untuk berkumpul membuat geliat komunitas online semakin bertambah. Dulu sebelum ada internet atau media sosial, kesulitan utama adalah waktu berkumpul yang terbatas, sekarang kesulitan tersebut dapat teratasi. Para pelaku komunitas berbasis online ini melakukan sebagian besar kegiatannya di dunia maya, bahkan membawanya ke dunia nyata. Entah itu diskusi, sharing, sampai meetup. Beberapa komunitas juga sering melakukan kolaborasi dalam melakukan kegiatan, itu dikarenakan mudahnya komunikasi antar komunitas di media sosial. Manfaat komunitas online adalah komunikasi antar anggota yang tak terbatas. Bahkan beberapa komunitas mempunyai anggota yang berada tersebar di seluruh dunia. Tidak heran di beberapa kopi darat komunitas online, suasana sudah sangat cair karena mereka sering berkomunikasi di media online. Tidak hanya sekadar sharing, kumpul komunitas juga seringkali dijadikan ajang jualan, barteran, sampai cari jodoh. berikut komunitas online yang tersebar di indonesia :
>>> Kaskus
>>> Kompasiana
>>> Android-Indonesia
>>> Fiksi Mini
>>> Tangan di Atas
>>> Hijabers Community
>>> Detikforum
>>> ACI Detik
>>> Fotografer.net
>>> Piknik Asik
>>> Traveller Kaskus
>>> Klub Buku Indonesia
>>> FemaleDaily
>>> IndoRunners
>>> Goodreads Indonesia
>>> iPhonesia (Instagram)
>>> Kreavi

SUMBER


Komentar

Populer

Paham Keadilan serta Berbagai Macam Keadilan

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran”. Ada beberapa pengertian mengenai keadilan yang pada dasarnya sama, antara lain: a. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , keadilan mengandung arti sifat perbuatan, perlakuan yang adil. Keadilan berarti perilaku/perbuatan yang dalam pelaksanannya memberikan kepada pihak lain sesuatu yang menjadi haknya dan semestinya harus diterima oleh pihak lain. b. Menurut pendapat W.J.S Poerwadarminto , keadilan berarti tidak berat sebelah, sepatutnya tidak sewenang-wenang. c. Berdasarkan Ensiklopedia Populer Politik Pembangunan Pancasila , keadilan diartikan sebagai keadaan yang menggambarkan di mana orang atau kelompok masyarakat

Pemahaman Ideologi dan Langkah-langkah Berpandangan Hidup Yang Baik

            Ideologi adalah pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar mengenai kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalkan pemikiran tersebut dengan sebuah fakta, metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk penyebarannya. Ideologi menurut saya mreupakan sebuah pandangan hidup suatu bangsa, contohnya adalah Pancasila. Pancasila merupakan suatu Ideologi Bangsa Indonesia yang berarti merupakan pandangan hidup bagi Bangsa Indonesia baik untuk pemimpin ataupun untuk masyarakatnya. Ideologi tersebut merupakan suatu kewajiban untuk dilaksankan oleh setiap lapisan masyarakatnya. Ideologi tersebut memiliki sebuah peraturan yang berupa undang-undang untuk memperkuat ideologi tersebut dan manjadi sebuah sanksi bagi masyarakat yang melanggarnya. Menurut para ahli pengertian Ideologi adalah : Ali Syariati, mendefinisikan ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, sua

hakikat manusia dan kebudayaan

Hakikat dalam kamus bahasa indonesia adalah intisari atau dasar. Selain itu, hakikat juga memiliki arti sebagai kenyataan yang sebenarnya atau sesungguhnya. Sedangakan manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang lebih sempurna di bandingkan hewan atau tumbuhan. Sehingga arti hakikat manusia itu adalah :       Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam kehidupan manusia dan merupakan hal-hal yang secara pasti akan terjadi secara historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat manusia itu sendiri hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalanan manusia itu sendiri. Sehingga dapat pula diartikan bahwa hakikat manusia itu sendiri adalah sesuatu yang pasti ada dalam kehidupan manusia. Hakikat manusia itu sendiri adalah :     >    Makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.     >    Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.     > Makhluk biok