Langsung ke konten utama

#PINTERNET : Hal-hal yang Berkaitan dengan Internet

Setelah membahas mengenai pengertian internet dan sejarah dari internet maka sekarang saya akan memberitahu apa saja hal yanng berkaitan dengan internet. Ada tiga hal yang berkaitan dengan internet, apa saja kah itu? Pertama ada perangkat keras dan perangkat lunak yang membantu terjalinnya input dan output yang diterima oleh user. Kedua ada ISP, dipembahasan kemarin saya sudah sedikit membahas mengenai ISP (Internet Service Provider) maka saya akan lebih dalam membahas ISP tersebut. Ketiga ada jenis-jenis koneksi internet yang mampu membantu terkoneksinya internet. Ada beberapa jenis yang akan saya bahan mengenai jenis-jenisnya.

1. Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

1.1. Perangkat Keras

Dalam wikipedia dijelaskan bahwa perangkat keras (hardware) adalah perangkat yang berupa fisik dari computer, perangkat yang dapat terlihat oleh mata dan dapat pula di sentuh wujudnya. Perangkat keras ini terbagi jadi empat bagian, diantaranya :

A. Perangkat input

>> Keyboard
Keyboard adalah sebuah papan kunci yang terdiri dari deretan huruf dan angka, keyboard berfungsi untuk menginput berbagai huruf dan juga yangka ke dalam computer. Keyboard memiliki beberapa jenis seperti, keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard maltron, keyboard alphabetic, dan keyboard numeric. Dari sekian jenis keyboard yang ada, namun kebanyakan orang lebih mengenal dan lebih banyak menggunakan keyboard QWERTY.


>> Mouse
Alat yang digunakan untuk menggerakan kursor dan menunjuk plikasi pada layar monitor. Ada beberapa jenis mouse berdasarkan jenis kabelnya yaitu, mouse serial, mouse PS2, mouse USB, dan mouse wireless.

>> Scenner
alat yang digunakan untuk merubah teks atau gambar menjadi teks atau gambar digital untuk di olah di computer.

>> Optical Drive
alat untuk membaca kepingan CD dan DVD.

>> Joystick
alat yang digunakan untuk menggerakan kursor ke segala arah biasanya digunakan untuk permainan computer.

>> Floppy Disk Drive
alat yang digunakan untuk membaca dan merekam data dengan media penyimpanan disket.

B. Perangkat output

>> Monitor
lat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Monitor sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu, monitor CRT (Cathode ray Tube) dan LCD (Liquide Crystal Display). Monitor CRT ini membutuhkan ruang yang lebih besar dibandingkan monitor LCD, karena bentuknya yang lebih besar dan masih memiliki tabung di belakangnya.

>> Printer
alat yang digunakan untuk mencetak hasil pengolahan pada komputer menjadi hardcopy. Jenis printer pun bermacam-macam diantaranya adalah, printer dotmatrix, printer inkjet, dan printer laserjet.

>> Speaker
Alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara dari computer, sepirti suara music dan suara video.

C. Perangkat proses

>> Processor
sebuah chip yang berfungsi untuk mengontrol dan mengolah data pada computer. Terdapat dua jenis prosesor yang beredar di masyarakat Indonesia yaitu intel dan AMD.

>> Motherboard
sebuah papan induk dimana semua komponen alat proses di install kan.

>> RAM (Random Acces Memory)
sebuah memori yang bersifat volatile (sementara) yang berfungsi membantu kecepatan eksekusi pada pengolahan data. Semakin tinggi RAM yang digunakan maka semakin baik pula computer akan berjalan. Ada berbagai jenis RAM seperti, EDO-RAM, SD-RAM, DDR-RAM, DDR2-RAM, dan DDR3-RAM

>> VGA
perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah grafis pada computer. Semakin tinggi resolusi suatu VGA makan tampilan akan semakin baik.

>> Power Supply
suatu perangkat keras computer yang berfungsi memasok daya listrik ke seluruh komponen perangkat keras computer.

D. Perangkat penyimpanan

>> Disket
media penyimpanan yang terbuat dari bahan yang bersifat magnetic. Kapasitas disket pun berbeda-beda seperti, 360kb, 720kb, 1200kb, 1400kb, dan 2800kb.

>> Optical Disc Drive
media penyimpanan yang dapat menampung data cukup besar biasanya optical disc menggunakan media penyimpanan CD (Compact Disc) yang memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 700 MB dan DVD (Digital Video Disc) memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 4.7 GB.

>> Flashdisk
media penyimpanan yang sangat popular dikalangan masyarakat saat ini selain praktis dan mudah digunakan flashdish dapat menampung data yang cukup besar dari 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB sampai sekarang masih terus berkembang.

>> HDD (Harddisk Drive)
media penyimpanan utama yang digunakan pada computer dengan kapasitas penyimpanan yang sangat tinggi dan bersifat non volatile.

1.2. Perangkat lunak

Perangkat lunak adalah program computer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak itu sendiri terbagi dalam dua kelompok besar yaitu :

A. perangkat lunak sistem

Perangkat yang berhubungan langsung dengan komponen perangkat keras, perangkat lunak sistem ini berfungsi untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras. Perangkat lunak sistem terbagi menjadi tiga, yaitu :
>> Sistem Operasi
>> Bahasa Pemrograman
>> Program Utility

B. perangkat lunak aplikasi

Perangkat yang merupakan berbagai aplikasi yang dapat di install dan digunakan di computer. Perangkat lunak aplikasi ini berfungsi untuk membantu user atau pengguna menyelesaikan tugas tertentu menggunakan aplikasi yang telah dibuat sedemikian rupa agar memudahkan user menggunakannya. Perangkat lunak aplikasi terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :
>> Program aplikasi pengolah kata
>> Program aplikasi pengolah angka
>> Program aplikasi pengolah presentasi
>> Program aplikasi pengolah data
>> Program aplikasi pengolah grafis
>> Program aplikasi multimedia

2. ISP (Internet Service Provider)

Menurut salah satu web berbahasa asing whatis.com mengartikan bahwa ISP adalah perusahaan yang menyediakan pada pelanggan perorangan maupun perusahaan-perusahaan untuk mengakses internet dan jasa lainnya misalnya pendirian situs web dan virtual hosting. Terkadang IS juga disebut sebagai PAI (Penyedia Akses Internet). ISP terkadang digunakan sebagai singkatan untuk penyedia layanan independen untuk membedakan penyedia layanan yang merupakan perusahaan independen yang terpisah dari perusahaan telepon.

ISP memiliki peralatan jaringan computer dan jaringan akses telekomunikasi yang dibutuhkan untuk titik pengadaan internet untuk area geografis yang dilayaninya. ISP terkoneksi satu sama lain dalam internet exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP mmembutuhkan upstream. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1. Tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi.

ISP pada mulanya didetikkan dengan perushaan telekomunikasi, karena dulu ISP menawarkan produknya melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya yaitu telkomnet instant dari perusahaan Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP berkembang, tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tetapi juga menggunakan teknologi radio atau wireless.

3. Jenis-jenis Koneksi Internet

Koneksi internet dapat disebut juga internet boardbend adalah istilah yang digunakan utuk berbagai jenis koneksi internet. Pengertian boardband secara harfiah berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Istilah boardband mengacu pada koneksi bandwidth internet. Bandwidth umumnya digunakan untuk merujuk pada kecepatan transfer data dalam hal jaringan computer dan koneksi internet. Transfer data biasanya diukur dengan bit per detik (bps), dalam koneksi internet boardband kecepatan transfer sangatlah tinggi dibandingkan dengan koneksi dial-up internet. Ada beberapa macam koneksi internet, seperti :

A. Koneksi ADSL

Koneksi jenis ini paling umum digunakan untuk keperluan rumahan dan komersial. ADSL merupakan saluran digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps, dalam koneksi ADSL kecepatan mendownload lebih baik dibandingkan dengan kecepatan upload.

B. Koneksi SDSL

Koneksi ini hampir mirip dengan ADSL, hanya berbeda pada kecepatan upload. Hal ini lebih bermanfaat untuk tujuan komersial dan bisnis jika memerlukan kecepatan upload yang tinggi. Biaya SDSL lebih mahal dibandingkan dengan biaya ADSL, tapi bukan menjadi beban jika melihat sisi lebih yang dapat digunakan pada  kegiatan bisnis.

C. Koneksi Wireless

Koneksi internet nirkabel adalah kebutuhan sepanjang hari, laptop, palmtop, dan ponsel memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan berkisar dari 128 kbps hingga 2 Mbps, teknologi ini berkembang karena semakin maraknya pengguna ponsel dan juga laptop serta tablet.

D. Koneksi Kabel

Internet jenis ini dapat diakses melalui sambungan TV kabel, koneksi jenis ini memiki kecepatan yang berkisar 2 Mbps hingga 8 Mbps. Sambungan secara luas di daerah perumahan atau di perkotaan, koneksi jenis ini lebih popular dibndingkan jenis ADSL, namun untuk kecepatan download dan uploadnya adalah sama.

E. Koneksi Satelit


Dari semua jenis koneksi yang sudah dijelaskan memiliki keterbatasan geografis, dan koneksi jenis ini merupakan solusinya. Koneksi jenis ini memerlukan parabola dan juga alat-alat pendukung lainnya untuk menerima signal. Hanya sayangnya, keadaan cuaca dapat mempengaruhi signal yang diterima oleh koneksi jenis ini. Dalam kecepatannya sekitar 2 Mbps untuk mendownload dan sekitar 1 Mbps untuk mengupload data.

SUMBER :

Komentar

Populer

Paham Keadilan serta Berbagai Macam Keadilan

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran”. Ada beberapa pengertian mengenai keadilan yang pada dasarnya sama, antara lain: a. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , keadilan mengandung arti sifat perbuatan, perlakuan yang adil. Keadilan berarti perilaku/perbuatan yang dalam pelaksanannya memberikan kepada pihak lain sesuatu yang menjadi haknya dan semestinya harus diterima oleh pihak lain. b. Menurut pendapat W.J.S Poerwadarminto , keadilan berarti tidak berat sebelah, sepatutnya tidak sewenang-wenang. c. Berdasarkan Ensiklopedia Populer Politik Pembangunan Pancasila , keadilan diartikan sebagai keadaan yang menggambarkan di mana orang atau kelompok masyarakat

Pemahaman Ideologi dan Langkah-langkah Berpandangan Hidup Yang Baik

            Ideologi adalah pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar mengenai kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalkan pemikiran tersebut dengan sebuah fakta, metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk penyebarannya. Ideologi menurut saya mreupakan sebuah pandangan hidup suatu bangsa, contohnya adalah Pancasila. Pancasila merupakan suatu Ideologi Bangsa Indonesia yang berarti merupakan pandangan hidup bagi Bangsa Indonesia baik untuk pemimpin ataupun untuk masyarakatnya. Ideologi tersebut merupakan suatu kewajiban untuk dilaksankan oleh setiap lapisan masyarakatnya. Ideologi tersebut memiliki sebuah peraturan yang berupa undang-undang untuk memperkuat ideologi tersebut dan manjadi sebuah sanksi bagi masyarakat yang melanggarnya. Menurut para ahli pengertian Ideologi adalah : Ali Syariati, mendefinisikan ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, sua

hakikat manusia dan kebudayaan

Hakikat dalam kamus bahasa indonesia adalah intisari atau dasar. Selain itu, hakikat juga memiliki arti sebagai kenyataan yang sebenarnya atau sesungguhnya. Sedangakan manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang lebih sempurna di bandingkan hewan atau tumbuhan. Sehingga arti hakikat manusia itu adalah :       Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam kehidupan manusia dan merupakan hal-hal yang secara pasti akan terjadi secara historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat manusia itu sendiri hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalanan manusia itu sendiri. Sehingga dapat pula diartikan bahwa hakikat manusia itu sendiri adalah sesuatu yang pasti ada dalam kehidupan manusia. Hakikat manusia itu sendiri adalah :     >    Makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.     >    Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.     > Makhluk biok