Langsung ke konten utama

Kosep Dasar dan Ilmu Alamiah Dasar (IAD)

NAMA            : Nurendah Tri Ramadhaniati
KELAS           : 1PA02
NPM               : 16513650
SUMBER       : http://www.academia.edu/4898905/Materi_I-ILMU_ALAMIAH_DASAR
Konsep Dasar dari Ilmu Alamiah Dasar
A.    Pengertian Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja. Ilmu-ilmu Alamiah (natural scince). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 % benar dan 100 % salah.
B.     Manusia dan Ilmu Pengetahuan
Manusia adalah makhluk yang lemah disbanding makhluk lain namun dengan akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat maka manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dapat hidup dengan lebih baik lagi. Akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat itulah sifat unik dari manusia. Selain itu terdapat beberapa keunikan lain dari manusia, diantaranya adalah:
a. Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus, terutama otaknya
b. Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat, (ada yang masuk dan keluar)
c. Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar
d. Memiliki potensi untuk berkembang biak
e. Tumbuh dan bergerak
f. Berinteraksi dengan lingkunganya. Sampai pada saatnya mengalami kematian.
Rasa ingin tahu makhluk lain lebih didasarkan oleh naluri (instinct) /idle curiosity. Naluri ini didasarkan pada upaya mempertahankan kelestarian hidup dan sifatnya tetap sepanjang zaman. Manusia juga mempunyai naluri seperti tumbuhan dan hewan tetapi ia mempunyai akal budi yang terus berkembang serta rasa ingin tahu yang tidak terpuaskan.
Ketika menjumpai suatu masalah, akal budi manusia bekerja untuk mencari pemecahannya. Bila suatu masalah telah terpecahkan, bisa timbul masalah lain lagi yang menunggu pemecahannya. Setelah tahu apa masalahnya maka ia ingin tahu mengapa masalah itu terjadi dan bagaimana terjadinya dan bagaimana pemecahannya.
C.    Perkembangan Alam Pikiran Manusia
Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapi seringupaya itu tidak terjawab secara memuaskan. Pada manusia kuno untuk memuaskan mereka menjawab sendiri. Misalnya kenapa ada pelangi mereka membuat jawaban, pelangi adalah selendang bidadari atau kenapa gunung meletus jawabannya karena yang berkuasa marah. Dari hal ini timbulnya pengetahuan tentang bidadari dan sesuatu yang berkuasa. Pengetahuan baru itu muncul dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan yang disebut mitos. Cerita-cerita mitos disebut legenda. Mitos dapat diterima karena keterbatasan penginderaan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus dipenuhi. Sehubungan dengan dengan kemajuan zaman, maka lahirlah ilmu pengetahuan dan metode ilmiah.
Puncak pemikiran mitos adalah pada zaman Babilonia  yaitu kira-kira 700-600 SM. Orang babilonia berpendapat bahwa alam semesta itu sebagai ruangan setengah bola dengan bumi yang datar sebagai lantainya dan langit dan bintang-bintang sebagai atapnya. Namun yang menakjubkan mereka telah mengenal bidang kleptika sebagai bidang edar matahari dan menetapkan perhitungan satu tahunya itu satu kali matahari beredar ketempat semula, yaitu 365,25 hari. Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi, kepercayaan atau mitos pengetahuan semacam ini disebut Pseudo science (sainspalsu)
D.    Lahirnya Ilmu Alamiah
Panca indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu menjadi suatu pengalaman. Pengalaman yang diperoleh terakumulasi oleh karena adanya kuriositas manusia. Pengalaman merupakan salah satu faktor terbentuknya pengetahuan,  yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalaman akan bertambah terus seiring berkembangnya manusia dan mewariskan kepada generasi-generasi berikutnya.
Pertambahan pengetahuan didorong oleh:
1.   untuk memuaskan diri, yang bersifat non-praktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahami hakekat alam dan isinya.
2.    dorongan praktis yang memanfaatkan pengetahuan ituuntuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi.
Dorongan pertama melahirkan Ilmu Pengetahuan Murni (PureScience) sedang dorongan kedua menuju Ilmu Pengetahuan Terapan ( Aplied Science).
E.     Metode Ilmiah
Segala kebenaran dalam ilmu Alamiah terletak pada metode ilmiah. Langkah pemecahan atau prosedur ilmiah meliputi:
1.   Penginderaan, merupakan suatu aktivitas melihat, mendengar, merasakan, mengecap terhadap suatu objek tertentu.
2.   Masalah dan problema, menemukan masalah dengan mengemukakan pertanyaan apa dan bagaimana
3.      Hipotesis, jawaban sementara terhadap pertanyaan yang kita ajukan.
4.    Eksperimen, dari sini ilmu alamiah dan non ilmu alamiah dapat dipisahkan. Contoh dalam gejala alam tentang serangga dengan lampu (sinar biru)
5.  Teori, bukti eksperimen merupakan langkah ilmiah berikutnya yaitu teori. Dengan hasil eksperimen dari beberapa peneliti dan bukti-bukti yang menunjukkan hasil yang dapat dipercaya dan valid walaupun dengan keterbatasan tertentu, maka disusun teori. Teori-teori yang dikemukakan itu dapat diaplikasikan untuk menjawab kebutuhan manusia, seperti pengusiran serangga atau perangkap nyamuk (terkait dengan teori pencahayaan).
F.     Keterbatasan Ilmu Alamiah
Untuk itu perlu dilakukan pengujian sampai dimana berlakunya metode ilmiah dan dimana metode ilmiah tidak berlaku. Untuk itu kita perlu memperhatikan :
1.   Bidang ilmu Alamiah: yang menentukan bidang ilmu alamiah adalah metode ilmiah, karena bidang ilmu alamiah adalah wahana di mana metode ilmiah dapat diterapkan, sebaliknya bidang nonilmiah adalah wahana dimana metode ilmiah tidak dapat diterapkan. Contoh hipotesa tentang keberadaan Tuhan merupakan konsep yang tidak bisa menggunakan metode ilmiah dan apabila menggunakan konsep ini bisa menyebabkan orang Atheis.
2. Tujuan ilmu Alamiah: membentuk dan menggunakan teori. Ilmu alamiah hanya dapat mengemukakan bukti kebenaran sementara. Dkl. kebenaran sementara adalah "Teori". Karena tidak ada sesuatuyang mutlak tetapi terus mengalami perubahan (contoh teori tentang bumi ini bulat).
3.   Ilmu alamiah dan nilai: ilmu alamiah tidak menentukan moral atau nilai suatu keputusan. Manusia pemakai ilmu alamiahlah yang menilai apakah hasil Ilmu Alamiah baik atau sebaliknya. Contoh penemuan mesiu atau bom atom, rekayasa genetika, dsb.
Pertanyaan :
1.      Sebutkan dan jelaskan sifat unik dari manusia!
Jawab :
a.      Organ tubuh yang sangat kompleks dan sangat khusus. Maksudnya adalah bagian tubuh manusia itu kompleks (terdiri organ dalam dan luar). Oragan tersebut memiliki tugas yang khusus, tangan untuk memegang, mengambil, bersalaman, hidung untuk bernafas, mata untuk melihat, kuping, untuk mendengar, kaki untuk berjalan, menendang, mulut untuk makan, dll.
b.  Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat. Maksudnya adalah setiap manusia pasti melakukan pertukaran zat pada tubuhnya untuk metabolism. Misalnya saja pertukaran CO2 dengan O2 yaitu pertukaran udara yang dihirup oleh manusia.
c.   Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar. Maksudnya adalah setiap manusia pasti memberikan tanggapan terhadap stimulus yang diterima oleh manusia itu, baik stimulus dari dalan atau pun dari luar tubuh manusia. Contohnya stimulus dari luar, tangan kita terkena panci yang panas secara spontan kita menarik tangan kita menjauh dari panci panas tersebut. Contoh stimulus dari dalam, lambung kita terasa sakit karena lupa belum makan sejak pagi, maka respon yang dikeluarkan adalah memegang bagian perut kita yang sakit.
d.     Memiliki potensi untuk berkembang biak. Setiap manusia pasti memiliki potensi berkembang biak (membuat keturunan). Perkembang biakan pada manusia merupakan perkembang biakan secara sexsual.
e.     Tumbuh dan bergerak. Setiap manusia akan melakukan pertumbuhan dan pasti melakukan gerak. Pertumbuhan akan berlangsung sejak manusia itu baru lahir. Pertumbuhan ini bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal), dan berkaitan pada kuantitas pada manusia yaitu, sesuatu yang bisa di hitung. Misalnya, berart badan tinggi badan, lingkar pinggang, dll.
f.     Berinteraksi dengan lingkunganya. Manusia adalah makhluk social, otomatis secara sadar atau pun tidak manusia pasti melakukan interaksi dengan lingkungannya. Interaksi tersebut bertujuan untuk memperluas ruang lingkupnya, menambah informasi, memperluas pengetahuan, menambah teman, dll. Interaksi manusia akan terus berlangsung hingga manusia mengalami kematian,barulah interaksi itu berakhir.
2.      Jelaskan proses lahirnya ilmu pengetahuan!
Jawab :
Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapi seringupaya itu tidak terjawab secara memuaskan. Pada manusia kuno untuk memuaskan mereka menjawab sendiri. Misalnya kenapa ada pelangi mereka membuat jawaban, pelangi adalah selendang bidadari atau kenapa gunung meletus jawabannya karena yang berkuasa marah. Dari hal ini timbulnya pengetahuan tentang bidadari dan sesuatu yang berkuasa. Pengetahuan baru itu muncul dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan yang disebut mitos. Cerita-cerita mitos disebut legenda. Mitos dapat diterima karena keterbatasan penginderaan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus dipenuhi. Sehubungan dengan dengan kemajuan zaman, maka lahirlah ilmu pengetahuan dan metode ilmiah.
Panca indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu menjadi suatu pengalaman. Pengalaman yang diperoleh terakumulasi oleh karena adanya kuriositas manusia. Pengalaman merupakan salah satu faktor terbentuknya pengetahuan,  yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalaman akan bertambah terus seiring berkembangnya manusia dan mewariskan kepada generasi-generasi berikutnya.
Pertambahan pengetahuan didorong oleh:
1.   untuk memuaskan diri, yang bersifat non-praktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahami hakekat alam dan isinya.
2.    dorongan praktis yang memanfaatkan pengetahuan ituuntuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi.


Dorongan pertama melahirkan Ilmu Pengetahuan Murni (PureScience) sedang dorongan kedua menuju Ilmu Pengetahuan Terapan ( Aplied Science).

Komentar

Populer

Paham Keadilan serta Berbagai Macam Keadilan

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran”. Ada beberapa pengertian mengenai keadilan yang pada dasarnya sama, antara lain: a. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , keadilan mengandung arti sifat perbuatan, perlakuan yang adil. Keadilan berarti perilaku/perbuatan yang dalam pelaksanannya memberikan kepada pihak lain sesuatu yang menjadi haknya dan semestinya harus diterima oleh pihak lain. b. Menurut pendapat W.J.S Poerwadarminto , keadilan berarti tidak berat sebelah, sepatutnya tidak sewenang-wenang. c. Berdasarkan Ensiklopedia Populer Politik Pembangunan Pancasila , keadilan diartikan sebagai keadaan yang menggambarkan di mana orang atau kelompok masyarakat

Pemahaman Ideologi dan Langkah-langkah Berpandangan Hidup Yang Baik

            Ideologi adalah pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar mengenai kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalkan pemikiran tersebut dengan sebuah fakta, metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk penyebarannya. Ideologi menurut saya mreupakan sebuah pandangan hidup suatu bangsa, contohnya adalah Pancasila. Pancasila merupakan suatu Ideologi Bangsa Indonesia yang berarti merupakan pandangan hidup bagi Bangsa Indonesia baik untuk pemimpin ataupun untuk masyarakatnya. Ideologi tersebut merupakan suatu kewajiban untuk dilaksankan oleh setiap lapisan masyarakatnya. Ideologi tersebut memiliki sebuah peraturan yang berupa undang-undang untuk memperkuat ideologi tersebut dan manjadi sebuah sanksi bagi masyarakat yang melanggarnya. Menurut para ahli pengertian Ideologi adalah : Ali Syariati, mendefinisikan ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, sua

hakikat manusia dan kebudayaan

Hakikat dalam kamus bahasa indonesia adalah intisari atau dasar. Selain itu, hakikat juga memiliki arti sebagai kenyataan yang sebenarnya atau sesungguhnya. Sedangakan manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang lebih sempurna di bandingkan hewan atau tumbuhan. Sehingga arti hakikat manusia itu adalah :       Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam kehidupan manusia dan merupakan hal-hal yang secara pasti akan terjadi secara historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat manusia itu sendiri hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalanan manusia itu sendiri. Sehingga dapat pula diartikan bahwa hakikat manusia itu sendiri adalah sesuatu yang pasti ada dalam kehidupan manusia. Hakikat manusia itu sendiri adalah :     >    Makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.     >    Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.     > Makhluk biok