Langsung ke konten utama

Pemahaman Hubungan Kegelisahan dengan Pengharpan



  1. Pengertian kegelisahan
kegelisahan dalam Kamus Besah Bahasa indonesia berawal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram, selalu merasa khawatir (dalam suasana hati), tidak tenang, cemas dan lain sebagainya. Perasaan itu timul dari dalam hati, dikala sedang tidur, sedang menantikan sesutu atau memang karena suasana hati sedang tidak baik.
Dari kata gelisah inilah merambak berbagai macam kata lainnya seperti,
  1. Kegelisahan : suatu perasaan gelisah, kecemasan serta kekhawatiran.
  2. Menggelisahi : merupakan perasaan yang mengganggu, atau perbuatan yang membuat orang gelisah.
  3. Menggelisahkan : perasaan yang timbul karena gelisah pada seseorang.
Kegelisahan menurut saya, suatu keadaan dimana keadaan itu menyangkut dengan perasaan yang timbul dari dalam hati, dan perasaan tersebut merupakan perasaan yang menggaggu. Kegelisahan tersebut merupakan perasaan kecemasan atau kekhaatiran pada suatu objek yang menyangkut diri kita didalamnya seperti menggelisahkan orang tua, kaka, adik, saudara, kekasih dan lain sebagainya yang sudah memiliki kedekatan tersendiri.
  1. Jenis-jenis kegelisahan
Seorang Psikolog Austria Sigmud Freud yang juga pendiri aliran Psikoanalisa dalam psikologi menyebutkan jenis – jenis kegelisahan atau kecemasan dibagi menjadi 3 yaitu kecemasan kenyataan(obyektif), kecemasan neorotik dan kecemasan moril. Berikut penjelasannya :
  • kecemasan objektif
Pengalaman bahaya dan timbulnya kecemasan mungkin dari sifat pembawaan, dalam arti kata, bahwa seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadia takut kalau ia berada dekat dengan benda-benda tertentu dalam keadaan tertentu dari lingkungan.



  • Kecemasan neoritis
Timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah Menurut Sigmund Freud kecemasan ini dibagi tiga macam yakni; kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yangirasional (phobia) dan rasa takut lain karena gugup, gagap dan sebaganya.
  • Kecemasan moril
Disebabkan karena diri pribadi seseorang. Bila dikaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari dalam maupun dari luar.
  1. Cara mengatasi kegelisahan
Ini dia 5 cara mudah mengatasi kegelisahan yang sering menyelimuti Anda.
  1. Hilangkan kebiasaan lama
Untuk beberapa orang, gelisah adalah pola perilaku-Anda cenderung menjadi cemas tentang segala hal. Kegelisahan ini mungkin didapat dari masa kecil Anda, kadang-kadang hasil dari pengasuhan. Hal pertama yang harus Anda sadari adalah Anda orang yang mudah gelisah dan Anda harus terbuka untuk membuat perubahan. Menghadapi kegelisahan bukan tentang minum obat, tapi juga tentang mengubah gaya hidup Anda.
  1. Gunakan logika
Jika Anda orang yang mudah gelisah, mudah bagi Anda untuk mengubah hal kecil menjadi sebuah hal besar yang menakutkan. Jika Anda mulai khawatir dan gelisah tentang sesuatu, ingat fakta-fakta sebenarnya dan ingat juga bahwa Anda sebelumnya mungkin pernah mengkhawatirkan hal-hal tak penting ini sebelumnya.
  1. Cek makanan dan pola makan Anda
Ketika hormon stress menumpuk, mereka membuat pusat kekhawatiran di otak. Kadang-kadang hal kecil dapat mempengaruhi hal ini seperti kelaparan atau apa yang Anda makan. Sangat penting bagi otak manusia untuk memiliki nutrisi yang cukup. Kebanyakan orang yang sering gelisah dan khawatir kekurangan zat magnesium.
  1. Ingat untuk tarik napas
Olahraga sangat penting. Cobalah untuk mendaftar ke kelas yoga atau taichi yang bisa membantu Anda menenangkan pikiran dan mengajarkan Anda cara bernapas dengan benar. Jika Anda mulai gelisah, cobalah untuk relaks dan santai karena otot Anda akan tegang jika Anda gelisah.
  1. Nikmati saat ini
Nikmati saat-saat yang Anda miliki saat ini dan berhenti khawatir tentang masa depan dan masa lalu. Dengan fokus pada apa yang Anda miliki sekarang dan mensyukurinya, Anda akan jadi lebih relaks dan bisa mengurangi kegelisahan Anda.
  1. Pengertian Pengharapan
        Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pengharapan berasal dari kata harap yang berarti mohon, minta atau hendaklah. Pengharapan out sendiri berarti harapan dan harapan memiliki arti sesuatu yang dapat diharapkan dan keinginan agar menjadi suatu kenyataan.
  1. Hubungan Kegelisahan dengan Pengharapan
  • Kegelisanan Terhadap Pengharapan
Didalam kegelisahan pasti memiliki pengharapan, misalnya saja khawatir terhadap seseorang pastinya saja kita berharap semuanya akan baik-baik saja terhadap orang yang kita khawatirkan tersebut.
  • Pengharapan Terhadap Kegelisahan
Didalam pengharapan pasti terselip kegelisahan, misalnya saja seseorang yang berhaarap mendapatkan nilai UTS bagus, orang tersebut sudah bersungguh-sungguh dalam belajar. Namun, saat mengerjakan soalnya orang itu agak ragu, kegelisahanlah yang timbul dari dalam hatinya.
Intinya adalah antara Kegelisahan dengan Pengharapan memiliki keterkaitan didalamnya yang mungkin tidak terpisahkan. Namun, sudah di bahas dipoin sebelumnya, tedapat cara-cara untuk meredamkan perasaan kegelisahan, kecemasan serta kekhawatiran.


  1. Contoh Kasus
Seseorang ibu yang merasakan kegelisahan kepada anaknya dikarenakan anaknya belum juga pulang sejak tadi pagi dari sekolah sedangkan saat ini langit sudah beranjak warna menjadi kelam. Ibu itu berhrap tidak akan terjadi apa-apa pada anaknya. Ketika itu, berdering suara telepon rumah, bergegaslah ibu itu mengangkatnya dan berharap bahwa itu adalah telepon dari anaknya. Seketika ibu itu mengangkatnya dan benarlah telpon itu dari anaknya, ternyata anaknya itu sedang berada dirumah temannya sedang mengerjakan tugas dan anak itu lupa untuk mengabari ibunya.
  1. Tanggapan
Seharusnya anak itu mengabari ibunya sebelum mengerjakan tugas kelompoknya dirumah temannya, agar si ibu tidak merasakan perasaan geisah kepada anaknya itu.
  1. Sumber

Komentar

Populer

Paham Keadilan serta Berbagai Macam Keadilan

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran”. Ada beberapa pengertian mengenai keadilan yang pada dasarnya sama, antara lain: a. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , keadilan mengandung arti sifat perbuatan, perlakuan yang adil. Keadilan berarti perilaku/perbuatan yang dalam pelaksanannya memberikan kepada pihak lain sesuatu yang menjadi haknya dan semestinya harus diterima oleh pihak lain. b. Menurut pendapat W.J.S Poerwadarminto , keadilan berarti tidak berat sebelah, sepatutnya tidak sewenang-wenang. c. Berdasarkan Ensiklopedia Populer Politik Pembangunan Pancasila , keadilan diartikan sebagai keadaan yang menggambarkan di mana orang atau kelompok masyarakat

Pemahaman Ideologi dan Langkah-langkah Berpandangan Hidup Yang Baik

            Ideologi adalah pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar mengenai kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalkan pemikiran tersebut dengan sebuah fakta, metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk penyebarannya. Ideologi menurut saya mreupakan sebuah pandangan hidup suatu bangsa, contohnya adalah Pancasila. Pancasila merupakan suatu Ideologi Bangsa Indonesia yang berarti merupakan pandangan hidup bagi Bangsa Indonesia baik untuk pemimpin ataupun untuk masyarakatnya. Ideologi tersebut merupakan suatu kewajiban untuk dilaksankan oleh setiap lapisan masyarakatnya. Ideologi tersebut memiliki sebuah peraturan yang berupa undang-undang untuk memperkuat ideologi tersebut dan manjadi sebuah sanksi bagi masyarakat yang melanggarnya. Menurut para ahli pengertian Ideologi adalah : Ali Syariati, mendefinisikan ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, sua

hakikat manusia dan kebudayaan

Hakikat dalam kamus bahasa indonesia adalah intisari atau dasar. Selain itu, hakikat juga memiliki arti sebagai kenyataan yang sebenarnya atau sesungguhnya. Sedangakan manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang lebih sempurna di bandingkan hewan atau tumbuhan. Sehingga arti hakikat manusia itu adalah :       Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam kehidupan manusia dan merupakan hal-hal yang secara pasti akan terjadi secara historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat manusia itu sendiri hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalanan manusia itu sendiri. Sehingga dapat pula diartikan bahwa hakikat manusia itu sendiri adalah sesuatu yang pasti ada dalam kehidupan manusia. Hakikat manusia itu sendiri adalah :     >    Makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.     >    Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.     > Makhluk biok