Langsung ke konten utama

Keindahan yang Mengandung Nilai Ekstrinsik dan Intrinsik.


Keindahan adalah sesuatu sifat yang memberikan persasaan senang apa bila melihatnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia keindahan merupakan asal kata dari kata indah yang memiliki arti keadaan yang enak di pandang, cantik, atau elok sedangkan keindahan itu sendiri adalah sifat-sifat (keadaan dan sebagainya) yang indah atau keelokan.
Nilai yang terkandung dalam suatu keindahan dibagi menjadi dua yaitu, ekstrinsik dan intrinsik.
Unsur ekstrinsik adalah unsur nilai yang di pengaruhi dari luar maksudnya adalah dalam suatu karya yang menimbulkan keindahan, unsur ekstrinsik merupakan unsur-unsur yang berada di luar unsur utama atau unsur-unsur sebagai unsur pengganti dalam sebuah karya sastra. Misalnya, nilai ekonomi, nilai politik, nilai agama serta nilai nilai yang mempengaruhi suatu hasil karya sastra.
Sedangkan nilai intrinsik adalah unsur nilai yang dipengaruhi dari dalam maksudnya adalah unsur-unsur yang terkadung di dalam karya sastra itu sendri. Dalam pemenuhannya akan menimbulkan keindahan, dantara unsur-unsurnya adalah pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) dan unsur-unsur lain yang termasuk di dalamnya.
Hubungan manusia denga sesuatu yang indah dan dapat memiliki nilai ekstrinsik da intinsik adalah sebagai berikut.
Kontemplasi dan Ekstansi.
Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan.
Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.
Manusia menciptakan berbagai macam  peralatan untuk memecahkan rahasia gejala alami tersebut. Semuanya ini dilakukan dan hanya bisa terjadi berdasarkan resep atau pemikiran pendahuluan yang dihasilkan oleh kontemplasi (renungan dengan mengasilkan keputusan yag sudah bulat). Siklus kehidupan manusia dalam lingkup pandangan ini menunjukkan bahwa kontemplasi selain sebagai tujuan juga sebagai cara atau jalan mencari keserba sempurnaan kehidupan manusia.
Contoh Hubungan Baik Sesama Manusia
Dalam pembahasan saya kali ini hubungan baik sesama manusia terhadap keindahan yang memiliki nilai ekstrinsik dan intrinsik diantaranya adalah pendengar musik dengan penyanyinya. Selain itu ada pula antara penulis dengan pembaca, komposer dengan penyanyi,  pelukis dengan pencinta lukisan , dan hubungan baik di dalam sebuah keluarga.

Penjelasan
1.           Para penyanyi yang memiliki suara dan sebai penghasil keindahan atau yang disebut sebagai kontemplasi dan para pendengar yang disebut ekstansi. Hubungan baik yang terjadi antara keduanya memberikan keuntungan-keuntungan begi dirinya masing-masing, semakin banyak penggemar seorang penyanyi maka penyanyi itu akan semakin laku. Sedangkan keuntungan bagi penggemar adalah karya-karya seorang penyanyi tersebut. Karena, penyanyi tersebut akan semakin memperbaiki karya-karya yang dia buat.
2.            Seorang penulis yang memiliki buku yang bagus akan memiliki pencinta buku, semakin bagus buku yang ditulis dengan pemilihan diksi dan serta penggunaan bahasa yang sesuai dengan peminat pembaca akan menghasilkan banyak penggemar penulis tersebuh. Bahkan mungkin seorang penggemar tidak menginginkan ketertinggalan pada setiap edisi bukunya.
3.           Seorag komponis handal akan banyak dipakai oleh penyanyi-penyanyi dalam hal ciptaan atau karya-karyanya dalam membuat lirik lagu. Semakin bagus lirik yang dibuat semakin terkenal lah komponis tersebut, hubungan baik yang memiliki keuntungan untuk keduanya. Seorang komponis akan mendapat bayaran untuk hasil karyanya sedangan penyanyi akan menghasilkan lagu yang bagus pula.
4.           Pelukis yang memiliki keahlian dalam menuangkan imajinasi pada sebuah gambar dalam sebongkah kanvas akan memberikan ketertarikan pada para pencinta lukisan. Hubungan antara keduanya memiliki keuntungan bagi pencinta lukisan diantaranya adalah, keindahan rumahnya yang dihiasi oleh lukisan tersebut dan keuntungan yang di peroleh pelukis selayaknya komponis.
5.           Hubungan baik diantara keluarga. Mengapa saya masukan pada pembahasan kali ini, karena hubungan baik tersebut menghasilkan keharmonisan. Apabila dilihat oleh orang lain akan terlihat indah, senang bahkan bahagia melihat keluarga yang rukun serta memiliki keharmonisan yang tinggi. Sedangkan keuntungan bagi keluarga tersebut adalah kebahagiaan yang utuh dan selalu terikat hingga kelak generasi-generasi berikutnya.

Tanggapan

Hubungan antar manusia terhadap keindahan kemiliki keuntungan-keuntungan. Keuntungan bagi seorang kontemplasi ataupun ekstansi akan terus dirasakan apabila hubungan baik atar manusia ini terus terjalin. Agar hubungan itu tetap terjalin harus adanya komunikasi yang baik antar kontemplasi dan ekstansinya itu sendiri. 
Keindahan yang memiliki nilai ekstrinsik dan intrinsik bukan hanya untuk di perjual belikan saja tetapi juga untuk dinikmati, dirasakan, dan dipandang sebagai suatu karya yang memberikan ketenangan dan kepuasan terhadap diri sendiri. Gaya hidup pun merupakan salah satu contoh keindahan yang memiliki nilai intrinsik dan ekstrinsik tanpa adanya aktifitas perjual belian.

Sumber

Komentar

Populer

Paham Keadilan serta Berbagai Macam Keadilan

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran”. Ada beberapa pengertian mengenai keadilan yang pada dasarnya sama, antara lain: a. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , keadilan mengandung arti sifat perbuatan, perlakuan yang adil. Keadilan berarti perilaku/perbuatan yang dalam pelaksanannya memberikan kepada pihak lain sesuatu yang menjadi haknya dan semestinya harus diterima oleh pihak lain. b. Menurut pendapat W.J.S Poerwadarminto , keadilan berarti tidak berat sebelah, sepatutnya tidak sewenang-wenang. c. Berdasarkan Ensiklopedia Populer Politik Pembangunan Pancasila , keadilan diartikan sebagai keadaan yang menggambarkan di mana orang atau kelompok masyarakat

Pemahaman Ideologi dan Langkah-langkah Berpandangan Hidup Yang Baik

            Ideologi adalah pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar mengenai kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalkan pemikiran tersebut dengan sebuah fakta, metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk penyebarannya. Ideologi menurut saya mreupakan sebuah pandangan hidup suatu bangsa, contohnya adalah Pancasila. Pancasila merupakan suatu Ideologi Bangsa Indonesia yang berarti merupakan pandangan hidup bagi Bangsa Indonesia baik untuk pemimpin ataupun untuk masyarakatnya. Ideologi tersebut merupakan suatu kewajiban untuk dilaksankan oleh setiap lapisan masyarakatnya. Ideologi tersebut memiliki sebuah peraturan yang berupa undang-undang untuk memperkuat ideologi tersebut dan manjadi sebuah sanksi bagi masyarakat yang melanggarnya. Menurut para ahli pengertian Ideologi adalah : Ali Syariati, mendefinisikan ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, sua

hakikat manusia dan kebudayaan

Hakikat dalam kamus bahasa indonesia adalah intisari atau dasar. Selain itu, hakikat juga memiliki arti sebagai kenyataan yang sebenarnya atau sesungguhnya. Sedangakan manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang lebih sempurna di bandingkan hewan atau tumbuhan. Sehingga arti hakikat manusia itu adalah :       Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam kehidupan manusia dan merupakan hal-hal yang secara pasti akan terjadi secara historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat manusia itu sendiri hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalanan manusia itu sendiri. Sehingga dapat pula diartikan bahwa hakikat manusia itu sendiri adalah sesuatu yang pasti ada dalam kehidupan manusia. Hakikat manusia itu sendiri adalah :     >    Makhluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.     >    Makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.     > Makhluk biok